Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 UNIVERSITAS TERBAIK DI INDONESIA

 

Apakah kalian sedang bingung untuk mencari universitas ? kami akan memberitahukan 4 universitas terbaik di indonesia :

1.Universitas Indonesia(UI)

    Dalam masa pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1849,mereka membangun sebuah sekolah tinggi ilmu kesehatan.Sekolah tersebut secara resmi di beri nama sebagai Dokter-Djawa School pada januari 185l. Sekolah tinggi ini mengkhususkan pada ilmu kedokteran,lebih tepatnya pendidikan tenaga mantri.di akhir abad 19, tepatnya di tahun 1898, nama Dokter-Djawa School di ubah menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (School of Medicine for Indigenous Doctors) atau STOVIA. Selama 75 tahun STOVIA berfungsi sebagai pendidikan terbaik untuk calon dokter di Indonesia, universitas ini pernah ditutup pada tahun 1927.

Zaman Pendudukan Belanda 1849-1946

  Pada masa pendudukan belanda,universitas ini pernah berubah nama menjadi Universiteit van Indonesië pada tahun 1947 yang berpusat di Jakarta.Professor nasionalis, salah satunya ialah Prof. Mr. Djokosoetono, melanjutkan pekerjaannya sebagai pengajar untuk Universiteit van Indonesië di Yogyakarta, yang pada saat itu menjadi ibukota negara.Ibukota Indonesia kemudian kembali ke Jakarta pada 1949 setelah Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia. Universiteit van Indonesië Yogjakarta kembali dipindahkan ke daerah Jakarta.

kemudian pada tahun 1950 Universiteit van Indonesië berubah nama menjadi “Universiteit Indonesia”. Universitas ini terdapat beberapa Fakultas : Kedokteran, Hukum, Sastra dan Filsafat yang berada di Jakarta, Fakultas Teknik berada di Bandung, Fakultas Pertanian di Bogor, Fakultas Kedokteran Gigi di Surabaya, serta Fakultas Ekonomi ada di Makasar.Kemudian Fakultas-fakultas yang berada di luar Jakarta berkembang menjadi universitas-universitas terpisah di antara tahun 1954-1963. Universitas Indonesia di Jakarta mempunyai kampus di Salemba dan terdiri dari beberapa Fakultas seperti: Kedokteran, Kedokteran Gigi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Sastra, Hukum, Ekonomi, dan Tehnik.selanjutnya berdirilah Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, llmu Komputer dan kemudian Fakultas Keperawatan.970an-sekarang

Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru didirikan dengan lahan seluas 320 hektare di Depok yang  dibangun pada 1987, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindahkan,sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana.

setelah tahun 2000, Universitas Indonesia menjadi satu dari beberapa universitas yang mempunyai status Badan Hukum Milik Negara(BHMN) di Indonesia. Perubahan ini membawa pada perubahan yang signifikan untuk Universitas Indonesia yaitu otonomi yang lebih besar dalam pengembangan akademis dan pengelolaan keuangan.

 Saat ini UI terdiri dari 14 Fakultas, 1 Program Vokasi, dan 2 Sekolah (SKSG dan SIL). 14 Fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakulta Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, dan Fakultas Ilmu Komputer.

2.Universitas Gadjah Mada(UGM)

  Universitas Gadjah Mada lahir dari perjuangan revolusi kemerdekaan bangsa Indonesia.yang didirikan pada awal kemerdekaan.Berdiri dengan memilki nama “Universitas Negeri Gadjah Mada”, perguruan tinggi ini adalah gabungan dari beberapa sekolah tinggi, di antaranya Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik, dan Akademi Ilmu Politik yang berada di Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten.

Meski menurut Peraturan Pemerintah,UGM berdiri pada tangal tanggal 16 Desember 1949, namun pada tanggal 19 Desember menjadi tanggal yang diperingati sebagai hari ulang tahun UGM serta peristiwa bersejarah bagi Bangsa Indonesia.

Diberi Nama Gadjah Mada memiliki makna yang mengandung semangat serta teladan Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan nusantara.  Maka di dalam jati diri UGM terdapat persatuan universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan dan universitas pusat kebudayaan.

Pada awal masa pendiriannya, UGM memiliki 6 fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra dan Filsafat, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan.     

3.Universitas Islam Negeri (UIN)

 
 Berdirinya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengungkapkan kisah perjuangan umat Islam Indonesia dalam rangka mewujudkan suatu lembaga pendidikan tinggi yang berwawasan keislaman, kemodernan, dan keindonesiaan. Oleh karena itu, berdirinya UIN pada dasarnya merupakan  keinginan umat Islam dalam membentuk dan mengembangkan lembaga pendidikan yang dapat menjadikan mahasiswanya menjadi kader umat yang hebat dalam keagamaan.

Embrio UIN Jakarta berawal dari pendirian Pesantren Luhur (pada masa menjelang kemerdekaan), Sekolah Tinggi Islam di Padang dan di Jakarta Tahun 1946, Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta, serta pendirian Akademi Dinas Departemen Agama (ADIA) tahun 1957 di Jakarta hingga menjadi UIN Syarif Hidayatullah sekarang.

Nama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,berasal dari nama Syarif Hidayatullah salah satu Walisongo, sembilan penyiar Islam di Pulau Jawa, yakni Sunan Gunung Jati yang memiliki peranan besar dalam pengembangan Islam di Sunda Kelapa ( Jakarta sekarang) .

Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) lahir di negeri Arab pada 1448 M dan wafat di Cirebon pada 1568 M. Ia adalah putra Nyai Rara Santang (putri Prabu Siliwangi dari Pajajaran) dengan Syarif Abdullah. Gelar-gelar yang diberikan kepadanya adalah Muhammad Nuruddin, Syekh Nurullah, Sayyid Kamil, Maulana Syekh Makhdum Rahmatullah, dan Makhdum Jati. Setelah menginjak dewasa, Syarif Hidayatullah pulang ke Pajajaran dan menjadi penguasa Cirebon. Sejak itu ia berperan dalam menyiarkan Islam di Jawa, terutama bagian barat(jawa barat). Ia juga menempatkan putranya, Maulana Hasanuddin, menjadi tokoh agama (ulama)sekaligus penguasa di Banten. Pada 1527 M, atas bantuan Fala-tehan (Fatahillah), dia berhasil menguasai Sunda Kelapa setelah mengusir pasukan Portugis yang dipimpin oleh Fransisco de Sa.Syarif Hidayatullah memiliki peran besar terhadap pengukuhan kekuasaan Islam di Sunda Kelapa yang di kemudian hari ia beri nama Jayakarta dan diubah menjadi Batavia oleh Belanda. Oleh karena itu penamaan Syarif Hidayatullah Jakarta diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada sivitas akademika dalam pengembangan Islam di Indonesia.*

4.Institut Teknologi Bandung(ITB)

 Institut Teknologi Bandung (ITB), didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia.

Sejarah ITB bermula pada awal abad kedua puluh, atas saran masyarakat waktu itu. Gagasan pertama berdiri atau didirikan IT ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang pada saat itu mengalami kesulitan karena akibat pecahnya Perang Dunia Pertama.

Didorong dengan gagasan dan keyakinan yang dilandasi berupa semangat perjuangan Proklamasi Kemerdekaan serta wawasan ke masa depan,maka Pemerintah Indonesia meresmikan berdirinya Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Maret 1959 . Berbeda dengan keadaan pendirian lima perguruan tinggi teknik sebelumnya di kampus yang sama, Institut Teknologi Bandung lahir dalam suasana penuh dinamika mengemban pada misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendasar dalam kehidupan nyata di bumi,serta memberikan kemanfaatan bagi kehidupan dan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat ini. ITB akan mengembangkan dirinya dalam riset dan manufaktur, teknologi komunikasi dan informasi, transportasi darat-laut dan dirgantara, lingkungan, serta bio-teknologi dan biosains,serta misi pengabdian kepada masyarakat diharapkan dapat membangun wawasan bisnis untuk kemandirian yang merupakan modal awal untuk menegakkan otonomi perguruan tinggi. Wawasan bisnis untuk kemandirian tersebut diarahkan guna meraih prestasi pelaksanaan kewajiban dan tugas pendidikan dan penelitian setinggi-tingginya.Kemudian ITB diharapkan berpijak pada kekuatan institusi berupa penggunaan informasi sebaik-baiknya, terpeliharanya Staf Pengajar yang kompeten yang tinggi mutu kemampuan dan pengabdiannya, sistem pendidikan yang terintegrasi, dan kerjasama yang terjalin erat dengan pemerintah, industri dan lembaga penelitian dan pendidikan di dalam dan luar negeri. Sehingga pengembangan yang direncanakan dapat dipantau secara berkelanjutan dan terukur menurut pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, pengembangan sumber daya manusia, sarana fisik, kepranataan norma dan tata kerja, serta ekonomi, sosial budaya dan keamanan,setelah itu mengejar dan mencari kebenaran ilmiah tersebut adalah hak setiap insan di bumi, dan ilmu pengetahuan serta teknologi agar dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk mensejahterakan umat manusia, dan masyarakat bangsa Indonesia pada khususnya.

Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah No. 155 tahun 2000 telah menetapkan Institut Teknologi Bandung sebagai suatu Badan Hukum Milik Negara.


Posting Komentar untuk "4 UNIVERSITAS TERBAIK DI INDONESIA"