Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Dimaksud dengan ISO Kamera? Ini Penjelasannya!

 

apa yang dimaksud dengan iso kamera

Sebaiknya carilah tahu apa yang dimaksud dengan ISO kamera terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya. Hal ini untuk menghindari terjadinya eror atau kamera tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Dengan menggunakannya, hasil foto akan menjadi lebih bagus.

Jika sudah lama terjun di bidang fotografi maka tentulah sudah cukup familiar dengan yang namanya ISO pada kamera. Namun jika belum, berikut penjelasan singkat tentang apa itu ISO kamera dan bagaimana cara penggunaannya yang benar.

Inilah Apa yang Dimaksud dengan ISO Kamera

ISO adalah standar internasional untuk pengukuran kepekaan sensor kamera pada cahaya. Di fotografi, ISO mengacu pada tingkatan kepekaan sensor kamera dengan cahaya. Semakin tinggi, maka sensitivitas sensor terhadap cahaya juga meningkat karena banyak cahaya terekam.

Pentingnya ISO dalam fotografi adalah untuk memberikan fleksibilitas dan kontrol pada fotografer dalam menangkap gambar dalam situasi pencahayaan yang berbeda-beda. ISO memungkinkan untuk mengambil foto saat pencahayaan rendah atau mengurangi noise ketika cahaya sangat terang.

Saat memotret dalam ruangan dengan pencahayaan rendah, ISO ditingkatkan agar kamera lebih sensitif terhadap cahaya dan menghindari foto blur. Namun, semakin tinggi ISO memunculkan noise pada foto,sehingga harus seimbang antara sensitivitas ISO dan kualitas foto.

Cara Menggunakan ISO Kamera dengan Mudah Untuk Pemula

Untuk mengendalikan ISO dengan lebih akurat dapat mengatur ISO secara manual demi memperoleh hasil yang sangat sesuai dengan keinginan. Cara mengatur ISO sebenarnya tergantung pada jenis kamera yang digunakan, beberapa contohnya adalah seperti berikut ini:

1. Cara Mengatur ISO Pada DSLR Canon dengan Mudah

Perlu diingat bahwa cara mengatur ISO pada kamera DSLR bisa sedikit berbeda-beda tergantung pada model kamera yang dimiliki. Selain itu, perbedaan tipe kamera juga biasanya mempengaruhi. Umumnya, prosesnya pada DSLR Canon seperti di bawah ini:

  • Hidupkan kamera dan pilih mode pengambilan gambar. Pencet lalu tahan tombol "+/- ISO yang letaknya di bagian atas pada kamera. Putar main dial sampai terlihat huruf "A" (Auto) yang muncul di layar LCD atau viewfinder.

  • Pastikan bahwa shutter speed minimal diatur ke 1/125 detik. Caranya ialah dengan menggerakkan tombol atau dial yang bertuliskan "SS" atau "Tv" pada kamera.

  • Jika sudah, maka kamera akan menggunakan ISO untuk menyesuaikan kecepatan rana dengan aperture yang dipilih. Kamera juga bisa digunakan untuk mengurangi risiko blur menggunakan shutter speed minimal 1/125 detik .

2. Cara Mengatur ISO Pada DSLR Nikon dengan Mudah

DSLR Nikon tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan kamera lain sehingga direkomendasikan untuk digunakan ketika ingin membidik gambar. Cara penggunaannya juga cukup mudah dipahami oleh pengguna yang belum memahami apa yang dimaksud dengan ISO kamera.

  • Hidupkan kamera dan pastikan mode dial kamera diatur ke mode pengambilan gambar. Tekan tombol "Menu" lalu Gulirkan ke bawah menggunakan tombol navigasi hingga menemukan Shooting Menu.

  • Tekan tombol "OK" atau "set" untuk masuk ke menu tersebut. Pilihlah opsi yang ingin diatur atau disesuaikan ketika menggunakan kamera

  • Gunakan tombol navigasi untuk memilih opsi. Sedangkan tombol "OK" atau "set" untuk masuk ke sub menu atau mengonfirmasi pilihan. Dengan begitu, maka ISO sudah bisa digunakan.

Jadi, memahami apa yang dimaksud dengan ISO kamera sangat penting ketika seorang pemula hendak belajar atau mencoba memotret. Adapun cara mengatur ISO pada kamera bisa berbeda-beda sesuai dengan merk, jenis, dan tipe kamera yang digunakan.

Posting Komentar untuk "Apa yang Dimaksud dengan ISO Kamera? Ini Penjelasannya!"