Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Debu di dalam Lensa Kamera Depan HP dan Cara Merawatnya

cara membersihkan debu di dalam lensa kamera depan hp


Hasil foto seringkali blur karena debu, cara membersihkan debu di dalam lensa kamera depan HP cukup mudah tapi perlu hati-hati. 

Kamera yang berdebu tentunya akan merusak hasil jepretan foto dan perlu dilakukan pembersihan tentunya agar hasil foto lebih jernih juga menjaga kebersihan kamera.H

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP

Terkadang tidak terpikir untuk memberikan lensa kamera pada HP padahal lensa tersebut bisa sewaktu-waktu terkena kotoran atau debu. Cara membersihkan debu di dalam lensa kamera depan HP maupun belakang cukup mudah karena tidak perlu memerlukan keahlian khusus, berikut caranya:

  • Semprot atau tetesan air pembersih sedikit saja pada lensa kamera yang akan dibersihkan.

  • Air yang digunakan bisa menggunakan air khusus pembersih lensa kamera atau jika tidak ada menggunakan tisu lensa.

  • Kemudian lap menggunakan kain microfiber, bersihkan secara menyeluruh dengan hati-hati.

  • Ulangi cara sampai dirasa bersih, sebaiknya jika menggunakan air kangen teteskan langsung ke kamera.

Pengguna bisa mengecek lensa kamera untuk melihat hasil apakah sudah benar-benar bersih, cobalah untuk memfoto objek dan lihat hasilnya. Bisa dekatkan lensa kamera pada cahaya lampu yang terang untuk mengetahui apakah masih ada debu tertinggal.

Tips Merawat Kamera Ponsel

Setelah mengetahui cara membersihkan debu di dalam lensa kamera depan HP sebaiknya ketahui juga cara merawatnya. Cara merawat kamera ini penting karena untuk mempertahankan kualitas kamera dan tidak mudah rusak tentu saja, berikut tips-tips merawat kamera HP:

1. Menyimpan di tempat bersih

Terkadang sebagai pengguna sering lupa untuk meletakkan HP di tempat yang bersih dan aman, diletakkan di sembarang tempat yang kotor dan berdebu. 

Kebiasaan lainya yaitu sering membawa HP ke kamar mandi atau dapur padahal resiko kotor dan terkena air lebih besar di tempat-tempat tersebut. 

Sebaliknya tinggal HP di tempat yang aman dan bersih, tidak disarankan pula untuk menaruh HP di kantong celana maupun baju. Hal ini selain menghindari dari lalai dan bisa tidak sengaja terduduki atau suhu ponsel akan meningkat serta bisa beresiko meledak.

2. Menggunakan Casing

Beberapa orang memilih untuk tidak memberi casing pada ponselnya, padahal jika sewaktu-waktu jatuh resiko kerusakan semakin tinggi. 

Banyak casing yang selain melindungi kamera dan body HP juga membuat tampilan ponsel menjadi lebih menarik, penggunaan bisa memilih sesuai keinginan.

Harga ponsel juga bermacam-macam dan rata-rata tidak terlalu mahal tergantung dengan bahan yang digunakan dan variasi casing. Disarankan agar lensa kamera terlindungi yaitu dengan memilih casing yang lebih tinggi, dibandingkan dengan kamera ponsel sehingga terlindungi karena menjorok kebelakang.

3. Meletakkan Kamera di Bagian Atas

Maksudnya yaitu ketika meletakkan HP di tempat datar sebaliknya posisikan kamera Secara terbalik atau menghadap ke permukaan. Tentunya, cara ini dilakukan untuk menghindari lensa kamera dari goresan dari bidang yang digunakan untuk meletakkan kamera.

4. Menggunakan Pouch

Menggunakan pouch menjadi alternatif jika pengguna tidak ingin memakai case HP, meskipun sebenarnya case lebih recommended. Pouch berukuran kecil ini bisa digunakan untuk meletakkan HP ketika tidak digunakan karena membuat ponsel memiliki ruang, tidak langsung menyentuh bidang untuk meletakkannya.

Cara membersihkan debu di dalam lensa kamera depan HP bisa dilakukan secara rutin supaya kebersihan lensa tetap terjaga dan foto yang dihasilkan bagus. Selain membersihkan pengguna bisa melakukan perawatan atau pencegahan karena bagaimanapun kamera HP menjadi bagian penting dari ponsel.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Debu di dalam Lensa Kamera Depan HP dan Cara Merawatnya"