Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah dengan Mudah!

cara memperbaiki earphone mati sebelah


Memiliki earphone namun tidak bisa digunakan tentu saja bisa memunculkan rasa frustasi bagi para pengguna. Untungnya saja ada beberapa cara memperbaiki earphone mati sebelah yang bisa dicoba dengan sangat mudah.

Beberapa cara yang dimaksudkan ini pun bisa dicoba oleh pemula tanpa harus merasa bingung nanti. Simak beberapa solusi yang ada di sini terlebih dahulu agar earphone bisa dipakai kembali:

1. Meluruskan Kabel yang Dipakai

Solusi yang pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan kabel yang dipakai dalam keadaan baik-baik saja. Hal yang sering diremehkan oleh para pengguna adalah kabelnya dibiarkan tergulung atau tidak lurus.

Jadi nanti setiap pengguna hanya perlu mencoba untuk meluruskan kabel dari earphone yang sedang mati sebelah. Setelah itu, coba kembali pakai untuk mendengarkan sesuatu atau mendengarkan musik dengan jauh lebih nyaman.

2. Membersihkan Kotoran di Earphone

Solusi yang selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan memeriksa kebersihan dari earphone yang dipakai. Biasanya masalah dari earphone yang sedang mati sebelah karena ada bagian yang penuh dengan kotoran.

Solusinya hanya dengan memeriksa serta membersihkan setiap kotoran yang ada di bagian earphone. Namun pastikan untuk menggunakan bantuan dari kain atau tisu yang bersih saat membersihkan earphone tersebut.

3. Menghubungkan ke Laptop

Ada sebuah cara memperbaiki earphone mati sebelah yang menarik lainnya yang tak kalah mudah tentunya. Kali ini, setiap pengguna hanya perlu menyediakan perangkat laptop untuk mengatasi bagian earphone yang rusak.

Gunakan bantuan dari port USB dan hubungkan dengan perangkat laptop dan pastikan prosesnya sudah berhasil.  Setelah itu, coba gunakan earphone untuk mendengar banyak suara di sana sembari mengatasi masalahnya dengan troubleshoot.

4. Menghidupkan Lagi Perangkat HP

Biasanya ditemukan masalah pada peringkat HP yang sedang digunakan sehingga earphone pun menjadi bermasalah saat dipakai. Kali ini, pengguna hanya perlu untuk memutuskan hubungan dengan earphone dan mematikan perangkat HP dahulu.

Jika sudah, maka hanya perlu menunggu selama beberapa menit dan jangan coba untuk hidupkan HP. Setelah waktu berlalu, maka hanya perlu menghidupkan lagi perangkat HP dan coba earphone dengan sekali lagi.

5. Memeriksa Audio Setting HP

Untuk solusi yang kelima ini, bisa dilakukan dengan super mudah dengan memeriksa bagian Setting dahulu. Pengguna dipersilahkan untuk masuk ke bagian Setting dan cari menu yang dikhususkan untuk pengaturan audio.

Nanti kamu bisa mencoba untuk mencari masalahnya di bagian sana dan temukan solusi yang sudah tersedia. Setelahnya, coba ubah label dari earphone atau cara menghidupkan dari yang otomatis menjadi metode manual.

6. Menyetel Ulang Perangkat Earphone

Jangan sampai dilewatkan untuk dicoba, mengatasi masalah earphone yang mati sebelah adalah dengan mematikan dahulu. Coba untuk mematikan atau memutuskan semua perangkat yang sudah terhubung agar earphone kembali berfungsi.

Setelah itu, setiap pengguna hanya perlu mencoba untuk menyetel ulang earphone dengan cara yang sama. Bisa juga dengan mencoba untuk menekan serta menahan daya tombol di earphone selama lima detik.

7. Menghilangkan Sinyal Nirkabel Lain

Masih banyak yang tidak tahu, masalah seperti bagian earphone yang mati sebelah bisa dikarenakan sinyal nirkabel lain. Jadi solusi yang paling mudah adalah dengan mematikan atau menghilangkan semua sinyal nirkabel lain di sekitarnya.

Demikian beberapa cara memperbaiki earphone mati sebelah yang terbaik dan sangat direkomendasikan untuk dicoba langsung. Ada yang bisa dilakukan dengan menghilangkan sinyal nirkabel yang lain dan ada yang memanfaatkan bantuan laptop.


Posting Komentar untuk "Begini Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah dengan Mudah!"