Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Headset Tidak Ada Suara Secara Praktis

cara memperbaiki headset tidak ada suara


Ketika ingin mendengarkan musik atau audio secara lebih jelas dan nyaman, sering kali orang mengandalkan headset. Akan tetapi, ada kalanya mengalami kendala dan tidak tahu cara memperbaiki headset tidak ada suara sehingga menghambat aktivitas.

Di sisi lain sedang tidak ada headset lain yang bisa digunakan, mau tidak mau mungkin harus berusaha memperbaikinya. Supaya tahu bagaimana cara memperbaikinya, simak penjelasan di bawah ini:

1. Meluruskan Kabel

Sebagian besar orang terbiasa menyimpan kabel headset dengan digulung sehingga ada kalanya kabel akan terlilit satu sama lain. Kadang ada yang sengaja membiarkan kabel dalam kondisi masih terlilit dan langsung digunakan begitu saja.

Kondisi semacam itu sebenarnya bisa menjadi penyebab headset error sehingga suara tidak bisa terdengar dengan baik. Untuk itu sebaiknya rapikan dan luruskan kabel sebelum digunakan supaya tidak mengganggu aliran suara.

Kelak biasakan untuk menyimpan kabel dengan digulung secara rapi, bila perlu diberi pengait kabel agar tidak kusut. Dengan demikian tidak cepat merusak kabel, headset juga lebih awet dan praktis ketika akan digunakan kembali.

2. Mencoba di Perangkat Lain

Ada kalanya headset tidak berfungsi dengan baik karena faktor kecocokan, misalnya hanya kompatibel pada tipe atau merk tertentu. Untuk memastikannya, bisa dengan mencoba memasangkan headset ke perangkat lain, misalnya laptop atau ponsel milik teman.

Bila memang bisa berfungsi pada sebagian perangkat lain, bisa jadi headset memang hanya cocok pada merk atau tipe perangkat tertentu. Namun bila tidak bisa pada semua perangkat, kemungkinan besar headset mengalami kerusakan sehingga perlu diganti.

3. Memeriksa Kabel

Selanjutnya, cara memperbaiki headset tidak ada suara yang mungkin sering terjadi adalah karena adanya masalah pada kabel. Jadi, coba periksa sepanjang bagian kabel headset adakah yang mengelupas atau tampak putus.

Ada kalanya karet bagian pelindung kabel sudah usang termakan waktu dan tidak lagi lentur sehingga membuat kabel di dalamnya rusak. Untuk itu, hal yang perlu dilakukan adalah memperbaiki kabel yang terputus bila masih memungkinkan.

Selain kabel, bisa saja masalah bersumber dari komponen listrik yang ada di bagian speaker (yang biasa diletakkan di telinga). Periksa adakah komponen di bagian dalam speaker yang terlepas sehingga membuat suara tidak terdengar.

4. Memuat Ulang Perangkat

Masalah tidak terdengarnya suara dari headset bisa terjadi akibat kesalahan sistem yang terjadi pada perangkat ponsel. Kondisi eror pada ponsel mungkin cukup umum terjadi karena ada kegagalan sistem dalam menjalankan suatu perintah.

Upaya untuk mengatasinya cukup dengan lakukan restart atau muat ulang ponsel dengan menekan tombol power. Setelah ponsel selesai melakukan restart, coba pasangkan kembali headset ke ponsel dan pastikan terhubung dengan benar, lihat melalui indikator.

5. Memeriksa Pengaturan Output

Tidak seperti ketika menghubungkan ke ponsel yang secara otomatis akan menyalurkan suara ke headset. Ketika menghubungkan headset ke laptop atau komputer, biasanya diperlukan tindakan khusus untuk mengubah output audio ke perangkat lain yang diinginkan.

Mungkin, sebagian orang belum mengetahui hal ini sehingga suara tetap terdengar dari speaker laptop ataupun komputer. Untuk itu, pastikan memeriksa kembali pengaturan sound output di bagian kanan taskbar, lalu ubah ke headset.

6. Memasangkan Ulang

Bisa saja headset tidak terdengar suara karena tidak terpasang dengan benar, entah bagian jack yang kurang masuk atau tidak pas. Jadi, lepaskan dan pasangkan secara perlahan dan pastikan bahwa indikator headset muncul di layar ponsel.

Itulah cara memperbaiki headset tidak ada suara dengan mudah sehingga dapat kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Kelak pastikan untuk selalu menyimpan headset dengan cara yang benar agar kabel tidak mudah rusak dan awet lebih lama.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Headset Tidak Ada Suara Secara Praktis"