Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intip 5 Cara Memperbaiki WA yang Tidak Bisa Dibuka Disini!

cara memperbaiki wa yang tidak bisa dibuka


WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang biasanya sering mengalami error pada sistemnya, contohnya ketika WA tidak bisa dibuka. Guna menghadapinya, tentu banyak pengguna yang mencari cara memperbaiki WA yang tidak bisa dibuka tersebut.

Mengapa sampai demikian? Hal ini dikarenakan WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang memiliki banyak pengguna. Bahkan, penggunanya sampai ke luar negeri dan berjumlah hingga berjuta-juta orang. Simak caranya berikut.

1. Update Aplikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memperbaiki WA atau WhatsApp yang tiba-tiba tidak bisa dibuka adalah dengan mengupdate aplikasi tersebut. Sistem operasi aplikasi WhatsApp versi lama, biasanya bisa menjadi penyebab mengapa WA tiba-tiba tidak bisa dibuka.

Update aplikasi WhatsApp tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Cukup kunjungi PlayStore atau AppStore dan ketik ‘WhatsApp’ pada kolom pencarian.

Pilih update untuk melakukan pembaruan versi aplikasi. Tunggu hingga proses instalasi tersebut selesai, maka WhatsApp bisa dipastikan normal kembali.

2. Cobalah untuk Restart Ponsel

Tak hanya dipengaruhi oleh faktor internal (aplikasi), WA yang tiba-tiba tidak bisa dibuka biasanya juga dipengaruhi oleh faktor eksternal. Faktor eksternal tersebut biasanya ada pada ponsel pengguna.

Cara memperbaiki WA yang tidak bisa dibuka tersebut yaitu dengan mencoba restart ulang ponsel secara berkala. Proses restart tersebut akan memperbaiki sistem aplikasi yang berjalan di latar belakang.

3. Manfaatkan VPN

Jika kedua cara sebelumnya belum berhasil, maka juga bisa melakukan cara lain yaitu dengan memanfaatkan VPN. Seperti yang diketahui pada umumnya, VPN merupakan salah satu alat berupa layanan pembantu, agar pengguna bisa terhubung ke berbagai akses web.

Salah satu akses tersebut nyatanya juga berhasil pada beberapa aplikasi, contohnya WhatsApp. Pakai cara ini untuk mengatasi aplikasi WA yang tiba-tiba tidak dapat terbuka.

4. Hapus Data Sampah pada WhatsApp

WhatsApp yang tidak bisa dibuka atau mengalami masalah error, biasanya juga dapat dipicu oleh data sampah aplikasi yang menumpuk. Data sampah aplikasi ini biasanya dapat berupa cache atau cookie.

Untuk menghapus data sampah aplikasi WhatsApp ini cukup mudah dilakukan. Pengguna WhatsApp tidak perlu khawatir dan hanya perlu melakukan langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Masuk ke pengaturan ponsel, lalu pilih ‘manager aplikasi’.

  • Ketik ‘WhatsApp’ pada kolom pencarian. Jika sudah ketemu, klik aplikasi tersebut.

  • Dalam properti atau informasi aplikasi, biasanya terdapat menu storage. Nah, data sampah tersebut biasanya berada pada menu ini.

  • Pilih data cache dan hapus. Pengguna tidak perlu khawatir, karena penghapusan data cache tidak akan berpengaruh terhadap data yang lainnya.

5. Instal WhatsApp Secara Berkala

Untuk cara memperbaiki WAang tidak bisa dibuka lainnya, bisa dengan melakukan instalasi ulang aplikasi WhatsApp. Namun sebelum melakukan hal ini, ada baiknya untuk pengguna WA agar mencadangkan data-data pribadi seperti chat hingga berkas penting.

Melakukan instalasi ulang aplikasi WhatsApp, hal ini berarti jika pengguna harus menghapus aplikasi WA yang terpasang lalu mengunduhnya kembali melalui PlayStore. Pengunduhan aplikasi ini juga bisa dilakukan melalui App Store lainnya.

Pasang ulang WhatsApp dan jangan lupa untuk terus melakukan pengecekan pada aplikasi secara berkala. Pengecekan ini juga bisa dibilang sebagai langkah untuk mencegah masalah serupa kembali terjadi.

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki WA yang tidak bisa dibuka secara tiba-tiba. Cukup sesuaikan cara tersebut dengan penyebab mengapa aplikasi WhatsApp menjadi error. Lakukan cara tersebut secara urut agar tidak salah langkah.

Posting Komentar untuk "Intip 5 Cara Memperbaiki WA yang Tidak Bisa Dibuka Disini!"