Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memperbaiki WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka, Ternyata Mudah

cara memperbaiki whatsapp yang tidak bisa dibuka


Aplikasi WhatsApp juga sangat rentan terhadap masalah. Ada beberapa kasus yang menyebabkan pengguna tidak bisa membuka WhatsApp-nya. Lalu bagaimana cara memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa dibuka secara maksimal?

Untuk cara memperbaikinya sendiri ada banyak. Setidaknya ada lima cara paling dasar yang bisa dijalankan dan diikuti. Apabila ingin tahu bagaimana caranya, maka simak daftar dan penjelasannya sebagai berikut:

1. Periksa Koneksi Internet

Cara pertama yang paling pas untuk dijalankan adalah dengan memeriksa koneksi internetnya. Meski terkesan sepele, sebenarnya koneksi internet ini memiliki pengaruh besar dalam pemanfaatan semua aplikasi termasuk WhatsApp.

Jika internetnya tidak lancar atau bahkan terputus, maka WhatsApp juga tidak akan bisa dibuka. Hal ini tentunya akan sangat merepotkan apalagi untuk pengguna awam yang langsung berpikir terlalu jauh tentang aplikasinya.

Untuk melakukan pengecekan, coba aktifkan mode pesawat dan matikan lagi. Dengan demikian, jaringan internet akan kembali normal dan stabil tanpa hambatan. Apabila berhasil, maka WhatsApp bisa dibuka dan dipakai seperti biasa.

2. Restart HP

Penyebab lain kenapa membuat WhatsApp tidak bisa dibuka adalah sistemnya yang terlalu penuh. Apabila HP sering dipakai dengan intensitas tinggi, maka bisa jadi HP akan merasa lelah dan perlu diistirahatkan.

Kondisi tersebut akan membuat beberapa aplikasi terkena imbasnya dan tidak bisa dibuka termasuk WhatsApp. Jika kondisinya seperti ini, maka solusi yang bisa diterapkan berbeda lagi dan tidak sesuai dengan cara pertama di atas.

Agar WhatsApp kembali normal, coba untuk merestart HP dan tunggu hingga menyala kembali. Saat proses restart dilakukan, maka HP akan kembali dalam mode awal dan melakukan proses istirahat. Dengan demikian, WhatsApp bisa dipakai lagi.

3. Hapus Cache WhatsApp

Cara memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan menghapus cache-nya. Sebenarnya, keberadaan cache ini akan memudahkan sistem untuk membuka suatu bagian secara berulang.

Namun jika cache terlalu banyak dan menumpuk, maka akhirnya HP akan terbebani dan hal ini akan berpengaruh pada aplikasinya. Oleh karenanya, penghapusan cache sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalahnya.

Proses penghapusan cache bisa dilakukan di pengaturan. Masuk pengaturan, kemudian buka menu aplikasi dan cari WhatsApp. Nantinya, pada bagian WhatsApp akan ada tombol "Hapus Cache" yang bisa dipencet.

4. Update WhatsApp

Tidak jarang masalah WhatsApp tidak bisa dibuka dikarenakan versinya yang lama. WhatsApp sering melakukan update aplikasi dan sistem untuk memberikan versi terbaru. Jika pengguna hanya fokus ke versi lama, bisa jadi masalah seperti ini akan muncul.

Oleh karenanya, coba untuk mulai melakukan update aplikasi WhatsApp ke versi yang terbaru. Prosesnya bisa dilakukan di Google Playstore dengan tombol "Update" berwarna hijau. Jika sudah diupdate, biasanya WhatsApp akan kembali normal.

5. Install Ulang WhatsApp

Terkadang, proses update WhatsApp saja tidak cukup. Ada beberapa kendala yang bisa membuat aplikasi WhatsApp memerlukan proses install ulang. Jika demikian, lakukan proses install ulang untuk menyelesaikannya sehingga WhatsApp bisa dibuka lagi.

Hapus dulu aplikasi WhatsApp yang lama setelah semua datanya dicadangkan. Kemudian untuk lagi WhatsApp di Google Play Store dan tunggu sistem menjalankan prosesnya. Terakhir, buka WhatsApp baru dan restore semua datanya.

Demikianlah uraian cara memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa dibuka dengan berbagai metode. Untuk menyelesaikan masalah ini, maka ikuti cara pertama terlebih dahulu. Jika masih belum bisa, maka ikuti cara lain secara bertahap.

Posting Komentar untuk "5 Cara Memperbaiki WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka, Ternyata Mudah "