Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 yang Anti Ribet dan Praktis

cara mengatasi black screen windows 10


Perlu diketahui ada beragam jenis cara mengatasi black screen Windows 10 yang praktis untuk dilakukan. Biasanya hal ini terjadi karena ada masalah pada perangkat komputer atau gagal saat melakukan operasi pada sistem.

Namun, banyak yang belum mengetahui penyebab masalah kesalahan pada sistem perangkat komputer tersebut dan cara ampuh untuk mengatasinya. Simak beberapa ulasan menarik terkait black screen pada Windows 10 di bawah ini:

Penyebab Black Screen pada Windows

Pertama akan membahas beberapa faktor yang menyebabkan windows 10 menjadi black screen. Terkadang komputer atau laptop yang dipakai dalam jangka waktu terlalu lama bisa menjadi penyebab masalah ini. Simak ulasan penyebab black screen di bawah ini:

  • Masalah pada File Sistem. Pertama ada penyebab yang berhubungan dengan file sistem pada komputer. Biasanya apabila ada masalah atau kendala pada file sistem maka bisa menyebabkan black screen pada windows 10.

  • Driver Display Kurang Kompatibel. Apabila driver tidak berjalan optimal dan lancar maka juga bisa berpengaruh pada terjadinya black screen. Perlu diketahui jika driver adalah salah satu komponen penting yang ada di dalam laptop atau komputer.

  • Hardware Sudah Usang. Penyebab lain mungkin karena hardware yang sudah lama digunakan. Tidak hanya software saja yang berpengaruh pada masalah black screen. Namun, hardware yang usang juga memiliki faktor peran sebagai penyebab black screen tersebut.

Cara Mengatasi Black Screen Windows

Selanjutnya akan membahas cara mengatasi black screen Windows 10 yang terjadi pada laptop pengguna. Tentunya, akan sangat mengganggu aktivitas dan membuat pekerjaan tertunda. Simak di bawah ini cara mengatasi permasalahan black screen di bawah ini:

1. Mencari Tahu Kinerja Komputer

Perlu diketahui untuk cara mengatasi yang pertama adalah mencari tahu komputer bekerja dengan baik atau tidak. Terkadang bisa karena proses penginstalan yang belum selesai. Sehingga, penting untuk mengetahui terlebih dahulu sistem kerja dari komputer.

2. Matikan Komputer

Kedua dengan cara mematikan komputer atau laptop lalu menyalakan kembali. Apabila tidak bisa dimatikan maka bisa dengan menekan tombol daya selama 5 detik agar komputer bisa mati untuk sementara.

Selanjutnya cabut kabel Ethernet lalu matikan juga adaptor nirkabel. Kemudian putuskan periferal yang lain dan kabel daya juga tidak lupa untuk dilepas. Tunggu hingga beberapa detik lalu pasang kembali semua dan menyalakan kembali komputer.

3. Berpindah Ke Safe Mode

Berikutnya bisa beralih pada safe mode apabila masalah dari perangkat keras. Cukup dengan memuat data program yang penting maka black screen bisa diatasi. Pengguna bisa melakukan dengan cara menghidupkan PC lalu tekan tombol shift cukup lama.

Kemudian klik pilihan tombol daya lalu klik lagi tombol restart. Banyak pengguna yang berhasil melakukan cara safe mode tersebut.

4. Memperbarui Driver

Ada juga cara mengatasi dengan memperbarui driver jika video card tidak dalam kondisi rusak. Hal tersebut juga bisa menyebabkan terjadinya black screen pada laptop dan komputer milik pengguna.

5. Menghentikan Proses RunOnce

Terakhir bisa dengan cara menekan tombol Windows lalu luncurkan task manager. Pengguna juga bisa menekan tombol ctrl, shift, dan esc untuk bisa membuka task manager tersebut. Kemudian periksa bagian proses RunOnce.exe.

Namun, apabila masih berjalan bisa klik kanan lalu pilih stop. Setelah itu bisa restart komputer dengan menekan pilihan tombol restart.

Itulah penjelasan terkait ulasan cara mengatasi black screen Windows 10 yang bisa dicoba oleh pengguna tanpa ribet. Perlu kesabaran saat mengalami black screen pada Windows dan segera mencari tahu cara untuk mengatasi masalah tersebut.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 yang Anti Ribet dan Praktis"