Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 10 dengan Berbagai Metode

cara mengatur kecerahan layar komputer windows 10


Bagi pengguna Windows 10 yang masih baru, maka proses mengatur kecerahan layar akan menjadi hal yang sulit. Padahal, cara mengatur kecerahan layar komputer Windows 10 tidak terlalu rumit dan metodenya sangat beragam.

Jika ingin tahu bagaimana cara mengatur kecerahan layarnya, maka pada artikel ini akan dipaparkan satu per satu. Setidaknya ada lima cara atau proses berbeda yang bisa diikuti. Simak keseluruhan prosesnya berikut ini:

1. Melalui Shortcut Keyboard

Metode pertama yang bisa dipakai adalah dengan memanfaatkan shortcut keyboard. Proses mengatur kecerahan dengan keyboard ini bergantung pada tombol "Fn", "F5", dan "F6". Namun setiap jenis laptop memiliki penyesuaian tombol yang berbeda.

Jika ingin menambah kecerahan, maka bisa memencet tombol "Fn" dan "F6". Sedangkan untuk menguranginya bisa dengan tombol "Fn" dan "F5". Sesuaikan lagi dengan letak tombol kecerahan yang ada di keyboard.

2. Melalui Action Center

Kemudian cara kedua yang bisa dipakai adalah dengan action center. Metode ini juga sangat mudah dijalankan karena tidak perlu masuk ke banyak sistem. Pemanfaatan tombol keyboard juga bisa dilakukan untuk menuju menu pengaturannya.

Untuk menjalankan metode ini, maka hanya ada tiga langkah utama. Prosesnya sendiri tidak sulit asal ditelaah dengan baik. Inilah langkah-langkah mudah yang bisa dijalankan untuk mengatur kecerahannya sampai selesai:

  • Pada tahapan awal, buka dulu "Action Center" dengan memencet tombol "Windows" dan "A" secara bersama-sama.

  • Nantinya, akan ada kotak baru yang muncul di bagian kiri. Lihat pada bagian paling bawah dan temukan slider kecerahan layar.

  • Geser saja slider tersebut untuk menyesuaikan kecerahannya sesuai keinginan dan kenyamanan.

3. Melalui Windows Mobility Center

Cara mengatur kecerahan layar komputer Windows 10 selanjutnya bisa dilakukan dengan Windows Mobility Center. Sebenarnya proses ini juga tidak sulit, karena hanya perlu memahami fitur yang ada. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yaitu:

  • Untuk proses pertama, pencet dulu tombol "Start".

  • Lalu saat ada pilihan menu, pilih saja menu "Mobility Center".

  • Pada halaman selanjutnya akan ada opsi "Display Brightness".

  • Geser saja slider yang ada bagian tersebut dan sesuaikan tingkat kecerahannya.

4. Melalui Menu Settings

Menu Settings juga sudah menyediakan halaman pengaturan kecerahan layar yang lengkap. Namun untuk menuju menu ini, ada serangkaian tahapan kompleks yang harus dijalankan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, pencet tombol "Start" yang ada di komputer.

  • Kemudian masuk ke menu "Settings". Namun jika ingin cepat, maka pakai saja tombol "Windows" dan  "I" secara bersamaan sebagai alternatif masuk ke menu tersebut.

  • Lalu pada halaman baru, pencet tombol "System".

  • Saat diarahkan ke bagian lanjutan, pilih opsi "Display".

  • Selanjutnya akan ada slider di bagian "Brightness & Color". Geser saja slider ini untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layarnya.

5. Melalui Icon Baterai Taskbar

Metode terakhir yang bisa dijalankan adalah dengan memanfaatkan icon baterai taskbar. Proses penggunaan cara ini juga sangat singkat dan tidak membingungkan. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyelesaikannya, yaitu antara lain:

  • Pencet dulu icon baterai yang ada di taskbar.

  • Kemudian saat muncul logo kecerahan layar, pencet tombol kanan pada bagian tersebut.

  • Nantinya akan muncul slider pengatur kecerahan. Sesuaikan ukuran kecerahannya tombol tersebut.

Daftar cara mengatur kecerahan layar komputer Windows 10 tersebut bisa langsung dipelajari satu per satu. Jalankan cara yang dianggap paling mudah terlebih dahulu. Jika tidak bisa, maka bisa menjalankan proses yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 10 dengan Berbagai Metode"