Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mengetik di Word dengan Suara Tanpa Aplikasi Tambahan

 

cara mengetik di word dengan suara

Sebagai salah satu aplikasi editor dokumen yang banyak digunakan, banyak yang mencari cara mengetik di word dengan suara secara mudah. Sebuah software terbitan Microsoft yang selalu meningkatkan dan menghadirkan fitur-fitur terbaru salah satunya Voice Typing.

Dengan fitur voice typing, siapapun akan dengan mudah melakukan pengetikan kalimat dalam dokumen Microsoft Word hanya dengan suara. Fitur ini dapat dengan bebas dinikmati melalui PC atau laptop dengan mudah tanpa perlu menginstall aplikasi lain.

Cara Mengetik di Word dengan Suara

Dalam hal ini, terdapat 2 cara mudah yang bisa dilakukan oleh pengguna Word untuk mengetikan kalimat menggunakan suara. Yakni dengan memanfaatkan fitur Speech Recognition sebelum melakukan Dictate dan pintasan Win + H. Apa saja cara-caranya?

1. Menggunakan Bantuan Fitur Speech Recognition

Cara mengetik di Word dengan suara yang pertama bisa dengan mengaktifkan fitur Speech Recognition melalui laptop atau PC. Fitur ini harus diaktifkan sebelum mulai melakukan pendiktean kalimat di Word dengan suara. Simak penjelasan untuk memahaminya:

  • Pada Windows di PC atau laptop, silahkan buka menu Control Panel.

  • Kemudian ubah tampilan View by menjadi large Icons di menu tersebut..

  • Berikutnya silahkan klik icon Microfon yang berada dalam menu Speech Recognition.

  • Untuk memulai mengaktifkannya, silahkan pencet Start Speech Recognition. Lanjutkanlah langkah-langkahnya dengan mengklik menu

  • Setelah ini akan muncul pertanyaan untuk memilih tipe mikrofon yang digunakan bertuliskan What Type of Microphone. Silahkan pilih Headset Microphone dan Next untuk melanjutkan.

  • Ketika sudah aktif, silahkan memulai berbicara dengan lantang di depan microfon perangkat agar suara dapat terdeteksi dengan jelas. Ketika sudah melakukan hal tersebut, silahkan klik Next untuk melanjutkannya lagi.

  • Selanjutnya silahkan klik menu Enable document Review untuk melanjutkan tahap pengetikan.

  • Silahkan pilih Use Manual Activation Mode untuk pengetikan manual menggunakan suara. Klik Next untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.

  • Setelah mengklik Next, centanglah menu Run Speech Recognition at Startup. Klik Next

  • Berikutnya, akan muncul icon mic pada Dictation Bar yang bisa dilakukan untuk melakukan pengetikan dengan suara di MS Word.

2. Menggunakan Bantuan Pintasan Win + H

Cara mengetik di Word dengan suara yang kedua adalah dengan menggunakan pintasan fitur Win H yang bisa ditemukan di keyboard. Simak tutorial berikut untuk lebih jelasnya:

  • Sebelum menggunakannya untuk mengetik, silahkan pastikan terlebih dahulu bahwa microfon pada laptop sudah aktif. Apabila belum aktif, silahkan atur melalui menu Settings kemudian pilihlah Menu pada pengaturan tadi.

  • Pada opsi menu, silahkan pilih Sound dan Microfon untuk digunakan melakukan perekaman suara nantinya.

  • Kemudian silahkan aktifkan menu Speech Recognition untuk bisa merekam suara di word.

  • Berikutnya silahkan tekan bersamaan tombol Win + H untuk memunculkan menu Dictation Bar.

  • Ketika sudah aktif, silahkan pencet Dictation untuk memulai melakukan perekaman suara.

  • Otomatis nantinya kalimat yang tertera di Word adalah yang diucapkan barusan.

Keuntungan Menggunakan Voice Typing

Sebagai salah satu fitur di MS Word yang berfungsi untuk mengubah suara menjadi teks, tentu saja fitur ini sangat bagus. Dengan fitur ini, apa yang diucapkan akan dikonversi menjadi tulisan sehingga akan menghemat waktu pengerjaan.

Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mengetik cepat apabila capek mengetik apalagi semisal yang diketik banyak dokumen. Jadi memang akan sangat memberikan manfaat yang menarik bagi siapapun yang mampu memanfaatkan fitur ini dengan baik.

Demikianlah cara mengetik di Word dengan suara yang bisa dilakukan oleh siapapun tanpa harus melakukan pemasangan aplikasi tambahan. Dengan adanya fitur voice typing ini, tentu saja akan sangat memudahkan siapapun yang menggunakannya dalam menghemat waktu.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mengetik di Word dengan Suara Tanpa Aplikasi Tambahan"