Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Kartu SD di Android

cara mengubah penyimpanan internal ke kartu sd


Semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan akan penyimpanan data yang lebih besar pada perangkat Android semakin meningkat. Cara mengubah penyimpanan internal ke kartu SD harus diketahui agar bisa mengalihkan penyimpanan ke memori eksternal.

Dengan mengalihkan penyimpanan dari internal ke kartu SD, maka akan menghemat ruang penyimpanan di Android. Tentunya solusi praktis ini akan sangat bermanfaat bagi penyimpanan ponsel. Mari simak cara untuk mengubah penyimpanan ke kartu SD berikut:

Melalui Pengaturan Bawaan

Sebelum memulai proses pengubahan penyimpanan internal ke kartu SD, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan memiliki kartu SD yang cukup besar untuk menyimpan semua data yang ingin dipindahkan.

Selanjutnya, cadangkan semua data penting dari penyimpanan internal ke komputer atau cloud storage sebagai tindakan pencegahan jika terjadi kehilangan data. Setelah itu, pastikan kartu SD dalam kondisi yang baik dan telah terformat dengan benar.

Setiap ponsel pastinya menghadirkan fitur pengaturan yang bisa digunakan untuk mengubah penyimpanan internal ke kartu SD. Tentunya diperlukan langkah-langkah agar bisa sukses mengubah penyimpanan di Android. Simak tahapannya di bawah ini:

  • Buka Pengaturan pada perangkat Android yang dimiliki.

  • Cari opsi "Penyimpanan" atau "Penyimpanan dan USB" dan ketuk untuk membukanya.

  • Di bagian "Penyimpanan", akan terdapat opsi untuk mengubah penyimpanan default.

  • Pilih opsi "Kartu SD" sebagai penyimpanan eksternal.

  • Konfirmasikan pengubahan tersebut dan tunggu hingga proses selesai.

Dengan menerapkan pelbagai tahapan di atas, maka penyimpanan bisa dialihkan ke kartu SD. Tahapan di atas akan mudah untuk diikuti jika pengguna Android menyimaknya dengan seksama. Cara ini akan tetap menjaga keberadaan ruang pada penyimpanan.

Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Cara mengubah penyimpanan internal ke kartu SD selain melalui pengaturan bawaan adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Sudah banyak aplikasi yang dikeluarkan oleh pelbagai pengembang untuk dapat mengubah penyimpanan internal ke kartu memori.

Beberapa aplikasi populer termasuk "AppMgr III" dan "Link2SD" bisa langsung diunduh melalui Google Play Store. Kedua aplikasi tersebut bisa langsung ditemukan dengan mudah. Tentunya fungsinya untuk memindahkan tempat penyimpanan ke memori.

Unduh salah satu aplikasi tersebut melalui Google Play Store, instal, dan ikuti instruksi yang diberikan. Instruksi akan ditampilkan di dalam aplikasi yang akan mudah untuk diikuti tanpa ribet. Kedua aplikasi tersebut juga memiliki ukuran yang tidak besar.

Tahapan dalam cara yang kedua ini mudah untuk dilakukan. Pengguna Android bisa mengikuti pelbagai tahapan yang tersedia berikut:

  • Download aplikasi "AppMgr III" atau "Link2SD" melalui Play Store.

  • Ikuti proses pemindahan atau tutorial dalam memindahkan penyimpanan ke memori eksternal yang tersedia di dalam aplikasi.

  • Usai berhasil dipindahkan, selanjutnya pengguna bisa menunggu sampai proses pemindahan selesai.

  • Penyimpanan internal telah berhasil diubah ke kartu SD, dan seluruh file akan disimpan di dalam kartu SD.

Kedua cara di atas bisa dimanfaatkan dengan baik. Tentunya akan dapat diikuti dengan mudah asal disimak secara seksama mengenai tahapan dalam prosesnya. Pastikan sebelum memindahkan penyimpanan, file yang penting harap dicadangkan dahulu.

Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan yang bisa berakibat fatal seperti file penting yang akan hilang dari penyimpanan. Tentunya hal tersebut jangan sampai terjadi. Jadi pengguna diharapkan lebih berhati-hati.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengubah penyimpanan internal ke kartu SD yang bisa diikuti. Cara di atas terdapat dua macam, yaitu bisa dilakukan melalui pengaturan bawaan dan aplikasi pihak ketiga. Dengan menyimaknya secara seksama, maka akan mudah dipahami.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Kartu SD di Android"