Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Touchscreen dan LCD? Inilah Penjelasannya

perbedaan touchscreen dan lcd


Saat ini, sudah sangat umum adanya ponsel pintar dengan touchscreen. Bersamaan dengan touchscreen tersebut, dipasang juga perangkat yang bernama LCD. Meski sekilas sama, namun perbedaan touchscreen dan LCD sangatlah jelas.

Jika ingin tahu apa saja perbedaannya, maka pada artikel ini akan dibahas rinciannya satu per satu. Ada lima perbedaan utama yang wajib diketahui. Untuk mengetahui daftar dan rinciannya, maka lihat uraian berikut ini:

1. Perbedaan Fungsi

Pada poin pertama ini, akan dijelaskan terlebih dahulu tentang perbedaan fungsinya. Jadi tampilan yang hampir sama ini tidak membuat fungsinya serupa. Justru fungsi dari dua komponen ini sangat jauh berbeda.

Touchscreen sendiri memiliki fungsi untuk mengolah perintah. Jenis perintah yang dimaksud adalah sentuhan dari tangan ke bagian layar. Nantinya, sentuhan ini akan diolah dan diinformasikan ke sistem untuk kemudian diberikan jawabannya.

Kemudian untuk LCD, fungsinya adalah sebagai bagian yang menampilkan hasil pengolahan perintah yang sudah diberikan. Jadi saat perintah diolah pada touchscreen, maka hasil perintahnya akan ditampilkan melalui LCD.

2. Perbedaan Nilai Pentingnya bagi Ponsel

Touchscreen dan LCD memiliki nilai yang berbeda untuk ponsel. Pada dasarnya, setiap ponsel pintar pasti memiliki LCD. Namun nyatanya, tidak semua ponsel memiliki touchscreen sebagai komponen pendukung yang tersedia.

Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis ponsel pintar yang memiliki touchscreen dan LCD yang menyatu. Dengan demikian, maka komponen touchscreen dianggap tidak ada karena LCD sudah mampu menampilkan perintahnya.

Jadi jika dilihat dari nilai pentingnya, LCD jauh lebih penting untuk ponsel. Apalagi sekarang sudah banyak ponsel yang canggih dengan penggabungan touchscreen dan LCD di dalamnya. Dengan demikian, komponennya akan jauh lebih praktis.

3. Perbedaan Kerusakan

Perbedaan touchscreen dan LCD juga berasal dari aspek kerusakannya. Saat dua komponen ini rusak, maka ciri-ciri kerusakannya akan berbeda. Untuk kerusakan pada touchscreen sendiri akan menampilkan hal-hal berikut:

  • Layar tidak bisa disentuh pada bagian tertentu atau hampir seluruhnya.

  • Saat layar disentuh, maka prosesnya akan lancar dan tidak responsif.

  • Apabila layar disentuh di bagian A, maka yang bekerja malah tombol bagian B. Hal ini biasa dinamai dengan layar sentuh kabur.

Ciri-ciri tersebut akan muncul saat touchscreen rusak. Sedangkan untuk kerusakan pada LCD, maka ciri-cirinya akan berbeda lagi. Berikut beberapa kondisi yang bisa menandakan LCD sedang rusak dan perlu diperbaiki:

  • Pada bagian layar, ada garis ungu yang jelas.

  • Terdapat bayangan hitam atau shadow di bagian layar.

  • Layar sering hidup dan mati secara mendadak tanpa perintah sekalipun.

  • Bagian layar menampilkan dead-pixel-dead atau yang biasa disebut dengan tompel.

4. Perbedaan Cara Mengatasi Kerusakannya

Sebenarnya untuk proses mengatasi kerusakan touchscreen dan LCD harus sama-sama di tempat servis yang ahli. Namun untuk kerusakan pada touchscreen, maka proses mengatasinya bisa dengan mengganti komponennya saja.

Sedangkan untuk kerusakan pada LCD, maka bisa jadi proses penggantiannya akan dilakukan dengan touchscreen. Apalagi untuk touchscreen yang nyaris menempel, maka penggantiannya akan menjadi satu dan tidak bisa dipisah.

5. Perbedaan Harga

Harga dari LCD dan touchscreen juga berbeda. Untuk komponen touchscreen sendiri cenderung lebih murah dari LCD. Sedangkan LCD lebih mahal apalagi untuk jenis yang menjadi satu dengan komponen touchscreennya.

Semua perbedaan touchscreen dan LCD yang sudah dipaparkan tersebut bisa langsung dipahami. Jadi hampir dari segala sisi dua komponen ini memiliki perbedaan. Meski tampilannya terlihat sama, namun perbedaan ini harus diketahui.

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Touchscreen dan LCD? Inilah Penjelasannya"