Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali dan Tahan lama

cara membuat baterai hp awet kembali


Dalam kehidupan sehari-hari, barang elektronik seperti handphone memegang peranan penting. Sehingga terkadang akan terjadi sebuah situasi dimana baterai akan cepat habis. Adapun cara membuat baterai Hp awet kembali ini bisa dilakukan dengan beberapa metode mudah.

Seperti yang telah diketahui bahwa, handphone digunakan untuk berbagai kegiatan. Seperti pekerjaan, belanja online, dan sebagainya. Namun ketika handphone kehabisan baterai atau mati, seringkali timbul rasa cemas dan kekhawatiran karena terasa terputus dari dunia luar.

Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan beberapa metode yang bisa dilakukan agar baterai Hp dapat kembali awet. Sehingga ketika melakukan perjalanan jauh akan tetap merasa aman tanpa ada rasa khawatir jika baterai akan habis. Berikut diantaranya:

1. Jangan Mengisi Daya Baterai Hingga Penuh

Banyak pengguna smartphone cenderung mengisi baterai mereka hingga mencapai 100 persen. Namun, untuk baterai lithium-ion modern yang tertanam di dalam smartphone saat ini, kebiasaan ini mungkin hanya berdasarkan mitos belaka untuk memperpanjang umur baterai.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengisi daya baterai mulai dari sekitar 30 persen hingga 80 persen untuk mempertahankan tegangan rendah dan meningkatkan umur serta ketahanan baterai. Hindari menunggu hingga baterai mencapai 100 persen untuk mengoptimalkan penggunaan baterai Pengguna.

2. Aktifkan Mode Power Saving

Pengguna dapat mengaktifkan mode Power Saving pada smartphone untuk memperpanjang masa pakai baterai. Cukup buka menu Pengaturan, cari opsi Power Saving atau Saving Mode.

Jika sudah, lalu aktifkan dengan menggeser tombol ke posisi ON. Dengan mengaktifkan mode ini, penggunaan jaringan ponsel akan dibatasi, sinkronisasi data, layanan lokasi, dan refresh rate layar akan dikurangi.

3. Matikan Location Service

Salah satu metode sederhana untuk menghemat daya baterai pada perangkat Android adalah dengan menonaktifkan fitur lokasi. Selain itu, disarankan untuk memeriksa izin yang diminta oleh aplikasi-aplikasi tertentu terkait penggunaan lokasi.

Dengan mengatur izin aplikasi menjadi Allow only while using the app atau Don't allow di menu Settings > Location > Apps Permissions, kamu dapat mengontrol penggunaan fitur lokasi secara efektif dan meningkatkan masa pakai baterai perangkat.

4. Hindari Aplikasi yang Terus Berjalan

Untuk menghemat daya baterai ponsel, sebaiknya hapus aplikasi yang tidak diperlukan. Aplikasi yang tetap aktif di latar belakang dapat menghabiskan daya baterai secara signifikan.

Lakukan pengecekan secara rutin untuk memastikan tidak ada aplikasi yang berjalan tanpa digunakan. Dan hapus atau nonaktifkan aplikasi tersebut jika memungkinkan.

5. Ubah ke Dark Mode

Apakah ponsel pintar Pengguna telah dilengkapi dengan layar AMOLED? Ternyata, ada strategi untuk menghemat daya baterai pada ponsel Android yang menggunakan jenis layar ini. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan tema gelap.

Karena layar AMOLED mampu mematikan piksel individu, penggunaan latar belakang berwarna hitam pekat dapat mengurangi konsumsi daya baterai secara signifikan. Beberapa aplikasi Android juga mendukung mode gelap, seperti YouTube, WhatsApp, Twitter, dan Gmail, yang dapat membantu mengoptimalkan penggunaan daya pada ponsel Pengguna.

6. Gunakan Mode Pesawat

Pengguna dapat menggunakan mode Airplane Mode pada berbagai situasi, seperti sebelum lepas lPenggunas, selama penerbangan, dan sebelum mendarat. Selain itu, banyak orang juga mengaktifkannya saat tidur malam. Salah satu manfaatnya adalah untuk menghemat daya baterai pada perangkat Android, terutama ketika sinyal jaringan rendah atau tidak stabil.

Ponsel cenderung menghabiskan daya baterai saat terus-menerus mencari sinyal dalam kondisi seperti ini. Dengan mengaktifkan Airplane Mode, ponsel tidak akan melakukan pencarian sinyal yang dapat mengurangi beban baterai.

Itulah beberapa cara membuat baterai hp awet kembali yang bisa dilakukan. Tentunya dengan melakukan beberapa metode tersebut, baterai hp akan jauh lebih awet dan tahan lama.

Posting Komentar untuk "6 Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali dan Tahan lama"