Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Flowchart di Excel, Untuk Berbagai Keperluan

cara membuat flowchart di excel


Mendengar istilah flowchart, banyak yang akan mengasosiasikannya dengan Microsoft Visio, sebuah program yang terkenal untuk membuat diagram. Tetapi, untuk cara membuat flowchart di excel yang lebih sederhana, pengguna dapat memanfaatkan Excel.

Flowchart atau yang sering disebut diagram alir merupakan representasi visual dari urutan langkah-langkah dalam suatu proses. Dibuat dari simbol-simbol yang saling terhubung, flowchart membantu dalam memahami bagaimana sebuah sistem beroperasi serta memudahkan analisis proses tersebut. Bagaimana cara membuat flowchart di excel? Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat.

Cara Membuat Flowchart di Microsoft Excel dengan Memanfaatkan Shape

Di dalam Microsoft Excel, kita dapat menemukan berbagai opsi Shapes di menu Insert. Opsi ini kaya akan berbagai bentuk seperti garis, bentuk dasar, panah blok, bentuk persamaan, diagram alur, bahkan bintang dan spanduk.

Shapes ini dapat diisi dengan teks dan dihubungkan satu sama lain untuk membentuk diagram alur. Cocok bagi mereka yang ingin membuat diagram alur dari awal dengan kesederhanaan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik kanan pada sel apa pun, lalu pilih Column Width untuk menentukan ukuran sel.
  • Di menu Page Layout, pilih Align di bagian Arrange, lalu aktifkan Snap to Grid untuk memudahkan penempatan shapes.
  • Ubah orientasi lembar kerja menjadi Landscape di opsi Orientation di Page Layout.
  • Pilih Shapes di menu Insert, lalu pilih Shapes di bagian Illustrations. Pilihlah shapes yang sesuai dengan diagram alur.
  • Tambahkan teks ke dalam shapes dengan mengkliknya dan mulai mengetik. Untuk mengatur tata letak teks, klik shapes dan gunakan pengaturan di bagian atas.
  • Gunakan Line Arrow untuk menghubungkan shapes diagram alur. Perhatikan titik-titik yang bisa dikoneksikan dengan kursor yang berbentuk +.
  • Agar diagram lebih jelas, tambahkan teks di antara garis-garis konektor menggunakan Text Box di menu Format. Untuk mengatur garis konektor, gunakan opsi Shape Outline.
  • Sesuaikan gaya sesuai keinginan dengan menekan dan menahan tombol Shift, lalu klik shapes dan pilih opsi Format. Atur tema dari Shape Styles di menu dropdown di kanan bawah kotak Theme Styles.
  • Setelah selesai, tekan Ctrl dan S untuk menyimpan flowchart.

Cara Membuat Flowchart di Microsoft Excel Menggunakan Fitur SmartArt

Dengan metode pembuatan flowchart di Excel ini, pengguna dapat segera memanfaatkan pola yang telah tersedia. SmartArt menyajikan opsi yang sesuai dengan kebutuhan, seperti daftar, proses, hirarki, hubungan, dan matriks. Cara penggunaannya sebagai berikut:

  • Untuk memulai pembuatan flowchart, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Insert di program yang digunakan dan memilih opsi SmartArt. Disana, terdapat berbagai macam jenis flowchart yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Setelah memilih flowchart yang sesuai dengan proses yang ingin digambarkan, langkah selanjutnya adalah mengisi flowchart tersebut dengan mengklik setiap bentuk yang tersedia.
  • Selain itu, pengguna juga dapat mengubah bentuk-bentuk yang telah dipilih sesuai dengan keinginan. Caranya adalah dengan mengklik kanan pada bentuk yang ingin diubah, lalu pilih opsi Change Shapes. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan styling terhadap flowchart tersebut dengan mengakses opsi Design yang tersedia di SmartArt Tools.
  • Setelah seluruh proses pengisian dan pengaturan flowchart selesai dilakukan, jangan lupa untuk menyimpan pekerjaan pengguna. Pengguna dapat melakukan penyimpanan dengan menekan tombol Ctrl dan S secara bersamaan atau menggunakan opsi Save yang tersedia di program yang digunakan.

Demikianlah tata cara membuat flowchart di excel menggunakan Shapes dan SmartArt. Kedua metode ini efektif, hanya saja SmartArt lebih praktis untuk digunakan. Semuanya tergantung pada preferensi pengguna.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Flowchart di Excel, Untuk Berbagai Keperluan"