Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10


Salah satu kendala umum yang sering terjadi di Windows 10 adalah keyboard yang tidak berfungsi. Hal ini tentu saja dapat mengganggu pekerjaan. Sebenarnya cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 ini bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Perlu diketahui bahwa, masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi di Windows 10 bisa diatasi dengan menyesuaikan ulang perangkat keras atau perangkat lunak di laptop. Kedua aspek ini sering menjadi sumber masalah keyboard laptop.

Apabila keyboard tidak berfungsi, kamu tidak akan bisa mengetik huruf, angka, atau simbol lainnya. Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi khusus untuk windows 10:

1. Tekan Kombinasi Tombol

Untuk mengatasi masalah keyboard error di Windows 10 dengan cepat, pengguna dapat menggunakan metode seperti tekan kombinasi tombol Windows + Spasi pada keyboard. Metode ini direkomendasikan sebagai solusi jika keyboard laptop pengguna mengalami masalah tidak berfungsi, seperti yang dilaporkan oleh Windows Report.

Jika langkah pertama tidak berhasil, alternatifnya adalah mencoba kombinasi tombol Shift dengan tombol yang memiliki ikon kunci. Lokasi ikon kunci dapat bervariasi tergantung pada jenis laptop, namun umumnya terdapat pada tombol Fn atau Esc.

2. Matikan Fitur Filter Keys

Cara untuk mengatasi keyboard yang tidak berfungsi selanjutnya ini bisa dilakukan dengan mematikan fitur filter keys. Sebenarnya untuk mematikan fitur ini cukup mudah. Pengguna hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Buka menu Settings dengan menekan tombol Start dan memilih ikon roda gigi.
  • Pilih Ease of Access dan kemudian klik Keyboard. Jika tidak menemukan opsi tersebut, buka Control Panel dan cari Ease of Access Center menggunakan fitur pencarian.
  • Ubah saklar Use Filter Keys menjadi Off.

3. Install Ulang Driver

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian di Windows 10 dengan cara menginstal ulang driver keyboard:

  • Buka Device Manager dengan cara klik logo Windows dan ketik Device Manager.
  • Setelah aplikasi Device Manager muncul, klik untuk membukanya.
  • Di jendela Device Manager, cari dan klik kanan pada opsi Keyboard.
  • Pilih opsi Update Driver dari menu yang muncul.
  • Selanjutnya, pilih Search automatically for updated driver software.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses peng-update driver keyboard.
  • Setelah proses update selesai, restart laptop untuk memastikan apakah masalah keyboard sudah terselesaikan.

3. Bersihkan Laptop

Masalah di mana keyboard laptop tidak berfungsi di Windows 10 bisa disebabkan oleh kotoran yang menumpuk. Debu yang masuk di sela-sela keyboard dapat menghalangi tombol saat digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk membersihkan keyboard secara teratur agar debu tidak mengganggu fungsi tombolnya di Windows 10.

4. Lakukan Update System Windows

Pengguna dapat mengatasi keyboard yang tidak berfungsi di Windows 10 dengan memperbarui sistem operasi secara teratur. Pembaruan ini penting karena masalah keyboard sering kali disebabkan oleh versi sistem yang belum diperbarui. Pastikan untuk memeriksa update dari Microsoft secara rutin untuk menghindari masalah tersebut.

5. Lakukan Troubleshooting

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard yang bermasalah di windows 10 adalah dengan melakukan troubleshooting. Berikut adalah langkah-langkah lain yang dapat diakukan untuk mengatasi masalah dengan keyboard:

  • Buka menu Start atau logo Windows, kemudian pilih Settings (ikon berbentuk gir).
  • Di kolom pencarian, ketik Recovery.
  • Pilih opsi Recovery Options.
  • Di bagian Advanced startup, klik Restart now.
  • Setelah laptop di-restart, pada layar Choose an option, pilih Troubleshoot.
  • Pilih Advanced options dari menu Troubleshoot.
  • Selanjutnya, pilih Command Prompt.
  • Setelah aplikasi terbuka, coba ketik sesuatu di keyboard untuk memastikan apakah masalahnya telah teratasi.

Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 yang bisa dilakukan. Tentunya hal ini bisa dicoba salah satu cara agar keyboard bisa digunakan dengan normal kembali.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10"