Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Screenshot di Laptop Windows Tanpa Aplikasi Tambahan

cara screenshot di laptop


Untuk menyimpan sebuah hal penting yang ditayangkan dalam laptop, kini bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan fitur screenshot. Perlu diketahui bahwa, cara screenshot di laptop ini cukup mudah untuk dilakukan dan bisa tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Sehingga dengan adanya fitur screenshot tersebut, untuk menyimpan hal penting tidaklah rumit. Hanya dengan beberapa kali pencet saja sudah bisa tersimpan gambar penting tersebut.

Selain itu, fitur screenshot ini juga akan memberikan manfaat besar bagi yang sedang mengikuti kelas secara online. Hanya dengan melakukan screenshot saja sudah tidak perlu mencatat ulang materi yang disajikan dalam kelas tersebut.

Lantas bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk screenshot di laptop ini? Untuk itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Menekan Tombol Alt + Print Screen Secara Bersama

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan screenshot  yakni dengan menggunakan tombol Alt+print screen. Dengan menggunakan tombol ini saja, sudah bisa menangkap layar yang diinginkan.

Langkah yang harus dilakukan sebenarnya tidak rumit. Pengguna bisa melakukan screenshot dengan menekan tombol Alt + Print Screen.

Metode ini sangat berguna untuk mengambil gambar dari bagian penting ketika ada banyak jendela terbuka atau layar besar. Gambar yang diambil akan disimpan di clipboard, dan untuk menyimpannya, Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di Microsoft Paint di atas.

2. Memanfaatkan Tombol Tombol PrtScr

Salah satu cara pertama untuk mengambil screenshot adalah dengan menggunakan tombol PrtScr pada layar yang ingin Anda tangkap. Setelah berhasil mengambil gambar, Anda dapat mentransfernya ke perangkat lunak seperti Paint.

Setelah membuka perangkat lunak, Anda dapat langsung memasukkannya dengan menekan tombol Ctrl + V atau melakukan paste. Jika diperlukan, Anda dapat sedikit mengedit screenshot sebelum menyimpannya.

3. Menekan Tombol Tombol Windows + PrtScr

Untuk mengambil screenshot melalui laptop atau komputer Windows, pengguna bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtScr. Metode ini mirip dengan PrtScr biasa, namun dengan menekan tombol Windows + PrtScr, gambar yang diinginkan akan langsung tersimpan dalam penyimpanan laptop atau komputer.

Tidak perlu membuka aplikasi seperti Paint terlebih dahulu untuk mengambil gambar. Cukup buka opsi This PC, pilih picture, dan masuk ke dalam folder screenshot. Screenshot akan secara otomatis disimpan dalam folder tersebut.

4. Menggunakan Snipping Tool

Anda bisa membuat tangkapan layar dengan menggunakan aplikasi bernama Snipping Tool. Untuk menemukannya di laptop atau komputer, cukup gunakan fitur pencarian di menu Start.

Setelah membuka aplikasi tersebut, pilih opsi "New", dan Anda akan diberi pilihan untuk mengambil tangkapan layar sesuai keinginan. Anda juga bisa menggunakan pintasan keyboard dengan menekan tombol Windows + Shift + S.

5. Menggunakan Tombol Win + H

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk melakukan screenshot di laptop yakni dengan nmenggunakan tombol win+H. Hal ini tentu harus dilakukan secara bersamaan.

Dengan melakukan kombinasi tombol ini, sistem akan menangkap layar dari jendela yang sedang aktif dan secara otomatis membuka dialog box yang memungkinkanmu untuk membuka gambar tersebut langsung di aplikasi yang diinginkan.

6. Memakai Game Bar

Salah satu metode terakhir untuk mengambil tangkapan layar di layar laptop atau komputer Anda adalah melalui penggunaan Game Bar. Langkah-langkahnya termasuk menekan tombol Windows + G untuk membuka Game Bar, melakukan pengaturan masalah halaman, dan kemudian menekan tombol Windows + Alt + PrtScn untuk mengambil tangkapan layar.

Itulah uraian terkait dengan cara screenshot di laptop yang bisa dilakuakan dengan mudah. Sehingga dengan adanya beberapa cara tersebut, tentu berbagai jenis pekerjaan akan dapat terselesaikan dengan mudah.

Posting Komentar untuk "6 Cara Screenshot di Laptop Windows Tanpa Aplikasi Tambahan"