Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Mengatasi Ghost Touch, Solusi Layar Gerak Sendiri

5 Aplikasi Mengatasi Ghost Touch, Solusi Layar Gerak Sendiri


Pernahkah layar smartphone tampak bergerak atau mengetuk sendiri tanpa ada interaksi? Hal tersebut dikenal sebagai ghost touch dan sering dialami oleh banyak pengguna ponsel pintar. Salah satu solusi yang dapat dicoba adalah dengan memanfaatkan aplikasi mengatasi ghost touch.

Ghost Touch pada ponsel bisa diakibatkan oleh masalah pada firmware, hardware, dan software. Hal ini dapat terjadi ketika perangkat dipasangi software atau firmware yang tidak kompatibel dengan jenis ponsel yang digunakan.

Jika ghost touch disebabkan oleh masalah pada hardware, penggantian komponen ponsel dengan yang baru adalah solusinya. Namun, jika masalah ini berasal dari perangkat lunak, mengatasinya bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi ghost touch. Berikut beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah ghost touch.

1. Touch Screen Test

Aplikasi pertama yang direkomendasikan untuk mengatasi ghost touch adalah Touch Screen Test. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di Google Play Store. Dengan antarmuka yang sederhana, aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mendeteksi area mati pada layar smartphone.

Memeriksa ghost touch menggunakan aplikasi Touch Screen Test sangatlah sederhana. Jika ada area di layar yang tidak dapat digambar, berarti area tersebut mengalami kerusakan.

Touch Screen Test adalah aplikasi khusus untuk menguji layar sentuh, sehingga navigasi menu tidak dapat dilakukan dengan jari. Tombol Volume pada ponsel harus ditekan agar menu muncul. 

Setelah menu tampil di layar, gunakan tombol volume bawah untuk menjelajahi opsi lainnya, lalu tekan tombol volume atas untuk memilih opsi yang diinginkan.

2. Touch Screen Calibration

Touch Screen Calibration adalah aplikasi mengatasi ghost touch yang ideal untuk kalibrasi layar sentuh smartphone. Aplikasi ini dapat mendeteksi sentuhan pada layar dengan lebih akurat.

Setiap gestur akan dikalibrasi secara terpisah oleh Touch Screen Calibration. Aplikasi ini menyediakan nilai kalibrasi dan akurasi untuk setiap tahap proses kalibrasi, memberikan informasi lengkap tentang hasilnya.

3. Multitouch Tester

Aplikasi berikutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi ghost touch adalah Multitouch Tester. Aplikasi ini berguna untuk mengetahui seberapa banyak jari yang bisa dideteksi oleh layar smartphone.

Saat beberapa jari ditempatkan secara bersamaan di layar, Multitouch Tester akan memberikan nomor pada masing-masing jari tersebut. Setiap jari juga akan diberi warna unik oleh aplikasi ini.

Multitouch Tester mampu melacak jumlah total jari yang terdeteksi oleh layar smartphone. Bahkan ketika jari-jari dilepaskan, aplikasi ini tetap mengingat nomor yang telah dideteksi sebelumnya.

4. Screen Test Pro

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengatasi ghost touch adalah Screen Test Pro. Aplikasi ini memungkinkan pengujian layar smartphone secara lebih komprehensif.

Screen Test Pro dilengkapi dengan fitur penguji tekanan, yang memungkinkan pengecekan apakah layar smartphone dapat mendeteksi sentuhan ringan atau tidak.

Jika smartphone tidak memiliki fitur penguji tekanan, hasil pengujian akan selalu menunjukkan angka 1 saat layar disentuh, meskipun ditekan dengan keras.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya menguji tampilan saturasi dan warna layar. Aplikasi ini juga memiliki alat penghitung pixel bernama "breathing light" yang berguna untuk menguji kelancaran transisi warna.

5. Touchscreen Repair

Aplikasi lain yang dapat membantu mengatasi ghost touch, yaitu Touchscreen Repair. Aplikasi ini dirancang untuk menganalisis dan mengurangi waktu respon layar sentuh pada smartphone.

Touchscreen Repair meminta pengguna untuk memberikan 4 nilai waktu respon dari 4 area berbeda pada layar sentuh smartphone mereka. 

Dengan mengambil 3 sampel untuk meningkatkan akurasi, aplikasi ini akan menghitung pengurangan waktu respons dan secara konsisten menerapkannya pada sisi perangkat lunak layar sentuh smartphone.

Itulah daftar aplikasi mengatasi ghost touch yang bisa dicoba. Jadi ketika suatu saat mengalami masalah seperti itu, untuk mengatasinya sebenarnya sangat mudah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi diatas.

Posting Komentar untuk "5 Aplikasi Mengatasi Ghost Touch, Solusi Layar Gerak Sendiri"