Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mengubah Tanda Koma Menjadi Titik Di Excel Melalui Pengaturan Excel Langsung dan Melalui Control Panel

cara mengubah tanda koma menjadi titik di excel


Mengetahui cara mengubah tanda koma menjadi titik di Excel sangat berguna jika ingin mengubah format penulisan data dalam lembar kerja tersebut. Di Excel, pengguna dapat mengatur format penulisan data, termasuk penggunaan titik dan koma sesuai kebutuhan mereka.

Di Excel, penggunaan titik dan koma terkait dengan cara bilangan desimal ditulis. Pengaturan ini bervariasi tergantung pada negara atau wilayah pengguna. 

Secara default, Excel menggunakan titik (.) sebagai pemisah bilangan desimal dan koma (,) sebagai pemisah untuk ribuan. Namun, bagi pengguna di Indonesia, format tersebut kurang familiar. 

Hal tersebut karena biasanya titik digunakan sebagai pemisah ribuan dan koma untuk bilangan desimal. Nah untuk mengubah tanda koma menjadi titik di Excel, pengguna bisa mempraktekkan cara-cara berikut ini.

1. Melalui Pengaturan Langsung di Excel

Cara mengubah tanda koma menjadi titik di excel atau sebaliknya, dapat dilakukan secara langsung melalui pengaturan di Excel. Bisa dikatakan bahwa, metode ini merupakan salah satu cara yang dianggap paling mudah untuk dilakukan.

Di Excel, pengguna dapat mengatur format penulisan desimal melalui tab File. Dengan cara ini, pengguna bisa mengatur penulisan desimal langsung melalui pengaturan yang disediakan dalam Excel.

Untuk langkah-langkahnya sendiri akan dijabarkan berikut di bawah ini:

  • Mulailah dengan membuka lembar kerja Excel untuk melakukan pengaturan format desimal.
  • Di bagian atas layar, klik tab File dan kemudian pilih Options.
  • Setelah jendela Excel Options muncul, navigasikan ke tab Advanced dan cari bagian Editing Options. Di sini, hilangkan centang pada opsi ‘Use System Separator’.
  • Ubah pengaturan titik dan koma. Di bawah bagian ‘Decimal Separator’, ubah pengaturan menjadi menggunakan tanda koma (,). Untuk ‘Thousand Separator’, atur penggunaan titik (.) sebagai pemisah ribuan.
  • Simpan perubahan. Pastikan untuk menyimpan semua perubahan yang telah dilakukan dengan mengklik tombol OK.
  • Proses selesai. Sekarang, format penggunaan titik dan koma di Excel telah berhasil diubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna dapat mengatur format penulisan angka di Excel sesuai preferensi yang diinginkan.

2. Melalui Control Panel

Selain melalui pengaturan, di Excel pengguna juga bisa jika mau mengubah tanda koma menjadi titik dengan melalui control panel.

Agar lebih memahaminya lagi, pengguna dapat mengikuti langkah demi langkah yang akan diberikan rinciannya berikut di bawah ini:

  • Buka Control Panel dan klik Clock and Region.
  • Di bawah Region, klik Change Date, Time, or Number Formats’. Dengan melakukan pengaturan ini, semua program termasuk Excel akan mengikuti pengaturan berdasarkan wilayah yang dipilih.
  • Jika pengguna tidak ingin mengubah wilayah, klik Additional Settings untuk membuka kotak dialog Customize Format.
  • Pilih tab Numbers.
  • Di kolom Decimal Symbol, masukkan koma (,). Untuk kolom ‘Digit grouping symbol’, masukkan titik (.) untuk pemisah ribuan.
  • Setelah itu, klik ‘OK’ dua kali untuk menyimpan perubahan.
  • Proses selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat menyesuaikan pengaturan format angka di Control Panel sehingga penggunaan Excel dan program lainnya sesuai dengan preferensi yang telah ditentukan.

Itulah penjelasan cara mengubah tanda koma menjadi titik di Excel. Perlu dipahami bahwa cara yang kedua, yakni melalui control panel akan mengubah pengaturan default di perangkat untuk semua workbook Excel dan program lain seperti Microsoft Access atau Microsoft Project. 

Jadi jika seseorang lain membuka file Excel tersebut di perangkat lain, pemisah format akan tampil sesuai dengan pengaturan sistem di perangkat tersebut.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mengubah Tanda Koma Menjadi Titik Di Excel Melalui Pengaturan Excel Langsung dan Melalui Control Panel"